Popular Post

Posted by : Crusader 12

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah cara tentang Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 dengan cepat dan benar.Dapat dikatakan saya masih baru dalam bermain rubik 3x3.Cara menyelesaikan Rubik 3x3 bagi pemula menurutku mudah-mudah susah.Untuk menyelesaikan Rubik 3x3 ini kita harus memiliki kesabaran dan ketelitian.Mengapa?Karena bila kalian tidak sabar maka baru setengah perjalanan menyelesaikan eEE, kalian malah menyerah atau salah rumus sehingga mau tidak mau kalian akan mengulanginya untuk menyelesaikannya.Nah sekarang kita langsung menuju arenanya.Bukan arena tinju loh.hehe.

Untuk menyelesaikan lihat gambar berikut terlebih dahulu :



L  = Putarlah rubik searah jarum jam bagian sebelah kiri (Memutar ke Bawah)
R = Putarlah rubik searah jarum jam bagian sebelah Kanan (Memutar Ke atas)
U = Putarlah rubik searah jarum jam bagian atas (Memutar ke Kiri)
D = Putarlah rubik searah jarum jam bagian Bawah
F = Putarlah rubik searah jarum jam bagian depan(Memutar kekanan)
B = Putarlah rubik searah jarum jam bagian belakang
f = Putarlah rubik searah jarum jam 2 bagian depan(Memutar Kekanan)

Seandainya terdapat tanda ( ‘ ) berarti putar rubik berlawanan arah jarum jam
Seandainya terdapat tanda ( 2 ) berarti putar rubik 180  atau 2 Kali

Langkah Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat tanda + atau cross bagian putih dengan ketentuan sebagai berikut:
Buat cross putih dengan tidak mengabaikan kanan/kiri bagian putih tersebut.Bila kalian belum jelas lihat gambat berikut dengan seksama



Perhatikan bagian yang digaris dengan warna kuning diatas.Lupakan Semua warna yang tidak di garisi warna kuning.Waran putih harus berbentuk cross / tanda +.

Bila kalian telah menyelesaikan seperti gambar diatas.Kita langsung menuju langkah selanjutnya.Mungkin setelah menyelesaikan langkah diatas kalian akan menemukan berbagai letak putih.Cross / tanda + letakkan dibawah.Dan selanjutnya

1.Apabila anda menemukan warna putih sebagai berikut :



Untuk menyelesaikannya warna tengah orange berada didepan anda,kuning diatas,putih dibawah
Gunakan Rumus R U R’

Kunci keberhasilan apabila warna orange pojok sama dengan warna orange tengah atau kalau belum jelas lihat garis merah yang ada di gambar atas

2. Apabila anda menemukan warna putih sebagai berikut :
Untuk menyelesaikannya warna tengah merah berada didepan anda,kuning diatas,putih dibawah Gunakan Rumus L’ U L

Kunci keberhasilan apabila warna merah pojok sama dengan warna merah tengah atau kalau belum jelas lihat garis merah yang ada di gambar samping

3.Apabila anda menemukan warna putih sebagai berikut :

 
Untuk menyelesaikannya warna tengah orange berada didepan anda ,kuning diatas ,putih dibawa gunakan rumus
R U2 R’.Kemudian lakukan cara no 1 / 2(Tergantung letaknya).

Kunci keberhasilan apabila warna putih yang akan dipindah berada disebalik bagian kosong cross / tanda +
Warna putih.

4. Apabila anda menemukan warna putih sebagai berikut :



Untuk menyelesaikannya warna tengah hijau berada didepan anda,kuning diatas,putih dibawah gunakan rumus
R U R’ U’ R U2 R.Kemudian lakukan cara no 1 / 2(Tergantung letaknya).

Kunci keberhasilan apabila warna putih yang akan dipindah berada seperti gambar disamping.

Nah kita sudah selesaikan baris pertama dan menyelesaikan warna putih.Mungkin yang belum paham bisa berkomentar.
Langkah 2 nya bertujuan menyamakan baris kedua atau tengah(apabila dilihat dengan keadaan putih dibawah dan kuning diatas).Perlu kalian INGAT WARNA KUNING DALAM LANGKAH INI DIBIARKAN SAJA JANGAN DIGUNAKAN Kalian akan menemukan beberapa kondisi sebagai berikut:


1.Hal penting bila kalian menemukan seperti gambar kalian harus menyamakan atas tengah dengan tengah bila belum paham 
perhatikan garis merah yang ada digambar bawah.Itu sudah sama antara warna tengah atas dengan tengah.



Rumus yang digunakan dalam hal ini adalah ( U R U’ R’ ) U’ F’ U F dengan warna yang dihadapan warna hijau dalam kondisi ini

2. Hal penting bila kalian menemukan seperti gambar kalian harus menyamakan atas tengah dengan tengah bila belum paham perhatikan garis merah yang ada digambar bawah.Itu sudah sama antara warna tengah atas dengan tengah.



Rumus yang digunakan dalam hal ini adalah ( U’ L’ U L ) U F U’ F’ dengan warna yang dihadapan warna hijau dalam kondisi ini

3.Apabila kalian menemukan seperti gambar dibawah.warna nya terbalik antara biru dengan merah.



Gunakan rumus ( U R U’ R’ ) U’ F’ U F untuk warna yang dihadap merah dan ( U’ L’ U L ) U F U’ F’ untuk warna yang dihadap biru.Setelah itu lakukan Cara no 1 atau 2(sesuaikan kondisi)
  
Nah itu cara untuk menyelesaikan baris ke-2 atau tengah.Mungkin bila belum paham bisa berkomentar
Langkah 3 bertujuan menyamakan warna kuning sebelumnya kalian harus membuat tanda cross / tanda + dibagian kuning.Berikut penjelasannya:
Cara membuat warna cross kuning sebagai berikut :

1.Apabila kalian menemukan warna kuning seperti gambar disamping.Gunakan rumus f R U R’ U’ f’ dengan
warna kuning menghadap seperti gambar dan memegang rubik dibagian bawah.

 2. Apabila kalian menemukan warna kuning seperti gambar disamping.Gunakan rumus F R U R’ U’ F’  f R U R’ U’ f’.
3. Apabila kalian menemukan warna kuning seperti gambar disamping.Gunakan rumus F R U R’ U’ F’ 
 Dengan posisi warna kuning menghadap seperti gambar.








Nah kalian sudah membuat warna cross kuning selanjutnya membuat warna kuning sepenuhya.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti



Keterangan kotak kecil seperti benjolan itu adalah warna kuning di bagian lain.Untuk menyelesaikan nya kalian harus mencocokkan mana gambar yang sama dengan yang terdapat dirubik kalian.

Setelah kalian menyelesaikannya kita menginjak kelangkah selanjutnya.Sebelumnya apabila belum paham silahkan berkomentar.
Langkah 4 bertujuan untuk menyemakan corner/pojok.Berikut langkahnya :

“Tanda X” adalah tanda yang tidak akan dirubah
“Tanda titik ditengah diatas tanda X” adalah target untuk dipindahkan
“Tanda titik ditengah berjumlah 6” adalah tempet untuk berpindahnya “Tanda titik ditengah diatas tanda X”

                                                                                Tanda tanda itu hanya untuk perumpamaan 
                                                                                Untuk menyelesaikannya kalian harus merubah rubik seperti gambar disamping dan menggunakan
Rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L


Ulangi cara diatas sampai hanya tersisa warna tengahnya saja.Bila ada warna pojok yang masih berbeda dengan tengah samakan dulu.Setelah kalian menyelesaikannya kita menginjak langkah terakhir yaitu
Langkah 5 adalah tahap terakhir

Lihat dulu arah gerakan rubik mau kemana dengan cara lihat salah satu bagian warna yang bagian atas tengah mengandung warna tak sama putar sampai warna tengah atas sama dengan center apabila sudah tau kembalikan seperti semula sebelum memutar atasnya.
*Bila searah jarum jam maka gunakan rumus  F2 (U) L R’ F2 L’R (U) F2
#Bila berlawanan arah jarum jam gunakan rumus F2 (U’) L R’ F2 L’R (U’) F2

Mungkin kalian menemukan semua bagian atas tengah  belum terselesaikan maka selesaikan salah satu dengan rumus F2 (U’) L R’ F2 L’R (U’) F2 dan kemudian ikuti langkah selanjutnya diatas * / #.

Mungkin itu yang bisa aku bagikan kepada kalian.Cukup sekian mungkin bagi yang sudah bisa,bisa mengoreksi postingan saya.Dan aku tunggu komentarnya bagi anda sekalian.
Selamat Mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

{ 34 komentar... read them below or Comment }

  1. Sekedar informasi untuk sahabat blogger smuanya, Ikuti kontes untuk mendukung penghijauan bumi. Berhadiah JUTAAN rupiah.
    Info Selengkapnya
    www.MitraBibit.com

    BalasHapus
  2. Waktu paling cepat yang pernah aku capai untuk 3x3 kurang lebihnya 4 menit 13 detik, saat ini juga masih belajar mencari cara lain untuk bisa lebih cepat lagi,..lam kenal dan thanks share-nya...yang ingin tahu sejarah rubik bisa membacanya disni : http://sunotoagungwibowo.blogspot.com/2012/07/sejarah-asal-usul-dan-penemuan-rubik.html

    BalasHapus
  3. maksih sob tips'x sangat membantu sekali ..

    BalasHapus
  4. waktu tercepat saya yaitu 1 menit 30 detik.
    alhamdulillah.
    -jerry-

    BalasHapus
  5. alhamdulillah bisa mas.., tutornya bagus dilengkapi gambar...

    BalasHapus
  6. mantep coy. . Gue dah bisa thanks

    BalasHapus
  7. Is magic,cranya g bikin pusing gan.

    BalasHapus
  8. Bro untuk bsa mnyelesaikan'a lbih cepat gmn ya?

    BalasHapus
  9. Bro untuk bsa mnyelesaikan'a lbih cepat gmn ya?

    BalasHapus
  10. untuk yg 3x3 best time gw 56 detik hehehe

    BalasHapus
  11. Gan tutor yg terakhir it gmana.? gk paham ane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya yang ini
      " Lihat dulu arah gerakan rubik mau kemana dengan cara lihat salah satu bagian warna yang bagian atas tengah mengandung warna tak sama putar sampai warna tengah atas sama dengan center apabila sudah tau kembalikan seperti semula sebelum memutar atasnya. "

      anda lihat 1 bagian yang salah satunya belum jadi yang dimana letak tersebut diapit oleh dua bagian( kanan & kiri nya ) yang juga salah satunya belum jadi,.,nah lihat bagian didepan yang sobat,,,.coba putar bagian atas kekanan=berlawanan arah jarum jam apakah 1 kotak yang berbeda tadi sama dengan baris ke 1 dan 2 setelah diputar begitu juga sebaliknya

      Hapus
  12. waktu tercepat saya 1 menit 30 dtik, apakah saya bisa lebih cepat daripada itu? Tolong sarannya gan !!!

    BalasHapus
  13. Aku gak paham nih,
    ada yg lebih mudah lagi gak?

    BalasHapus
  14. Gan, Ini sih masi cara standar, ada rumus lebih cepetnya engga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ada yang lebih cepat lagi??
      kan harus bertahap demi tahap

      Hapus
  15. dulu gue da tau,lama g main skrng da tumpul...pul..@mengulang kembali

    BalasHapus
  16. dulu gue da tau,lama g main skrng da tumpul...pul..@mengulang kembali

    BalasHapus
  17. dulu gue da tau,lama g main skrng da tumpul...pul..@mengulang kembali

    BalasHapus
  18. Gue dl prnh bs best time 1 mnt 50 dtk tp skr 1 jm 20 mnt, wah remidi malah jd jeblok tp hrs semangat biar otaknya gk tmbh jblok

    BalasHapus
  19. tanda ( ‘ ) berarti putar rubik berlawanan arah jarum jam,
    maksud.nyy apa ya ??

    BalasHapus
  20. haduuh..!! ane mentok terus di langkah3.. :(
    ga prnah nemu algoritma yg sama,gmn ya gan..?

    BalasHapus
  21. langkah3 posisi warna putihnya tetep dibawah apa dibelakang ya gan..?

    BalasHapus
  22. Punya q rubik udah acak acakan jdi bingung

    BalasHapus

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -