Popular Post

Posted by : Crusader 12

detail berita
Badai kutub di Saturnus yang ditangkap NASA Cassini (Foto: MSN)
CALIFORNIA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini menangkap foto sistem badai Saturnus. Satelit NASA Cassini menangkap pemandangan planet Saturnus dari jarak 441.028 mil (709.766 kilometer).

Dilansir Nbcnews, Jumat (28/12/2012), badai riak Saturnus menampilkan foto hitam dan putih yang diabadikan oleh orbit satelit NASA Cassini. Satelit menangkap foto tersebut pada 24 Desember 2012.

Jarak 709.766 kilometer, merupakan jarak hampir dua kali lipat antara Bumi dan Bulan. Foto hitam-putih ini ditangkap dengan kamera wide-angle filter merah CB2.

Foto yang diambil kamera satelit Cassini dengan mode close-up ini juga menampilkan badai "ganas" dengan sistem pusaran dan panjang gelombang 751 nm. Selain itu, foto tersebut juga menampilkan variasi tampilan objek di awan bagian atas atau atmosfer Saturnus.

Wikipedia menerangkan, Saturnus merupakan plane di sistem Tata Surya yang dikenal sebagai planet bercincin. Planet ini juga merupakan planet terbesar setelah Jupiter.

Saturnus berotasi dalam waktu yang singkat, yakni 10 jam 40 menit 24 detik. Saturnus memiliki kerapatan yang rendah, karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan.

Inti Saturnus terdiri dari batuan padat dengan atmosfer tersusun atas gas amonia dan metana. Dengan kandungan tersebut, planet terbesar keenam dari Matahari di sistem Tata Surya ini tidak memungkinkan adanya kehidupan. (fmh)

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -