Popular Post

Posted by : Crusader 12

WASHINGTON - Peneliti menemukan fosil manusia purba baru di wilayah Afrika Timur. Fosil yang diyakini berusia 2,4 juta tahun lalu ini mengungkap bahwa manusia purba Homo Erectus yang telah dikenal lebih dahulu, merupakan spesies yang tidak tinggal sendiri di wilayah tersebut.

Dilansir Discovermagazine, Senin (29/10/2012), memiliki otak besar, primata berbadan tegap (Homo Erectus) merupakan grup yang diyakini sebagai cikal bakal manusia modern saat ini. Antropolog meyakini Homo Erectus pernah tinggal jutaan tahun lalu di dekat Lake Turkana yang kini dikenal dengan Kenya.

Akan tetapi, temuan fosil baru menunjukkan bahwa Homo Erectus tidak tinggal sendiri. Tiga fosil yang baru ditemukan dan dilaporkan pekan ini dalam jurnal Nature, mengonfirmasi bahwa setidaknya ada dua spesies Homo lainnya yang pernah tinggal di wilayah tersebut.

Temuan tersebut sekaligus memberikan bukti terkuat mengenai garis keturunan beberapa evolusi dari genus manusia purba yang pernah hidup jutaan tahun lalu. Pada 1972, peneliti menemukan tengkorak parsial di dekat Lake Turkana.

Tengkorak berukuran besar ini mengindikasikan otak yang besar pula dan merupakan salah satu anggota genus Homo. Peneliti menemukan bahwa fosil ini menunjukkan wajah yang tidak biasa, yang berbentuk datar dan panjang.

Hal inilah yang kemudian membuat para ilmuwan percaya bahwa ini mewakili spesies baru, yang dinamakan H. rudolfensis. Tengkorak ini tampak berbeda dengan spesimen yang telah dikenal, seperti H. Erectus atau H. Habilis.

Beberapa tahun lalu, para peneliti menemukan fosil lengkap dan rahang bawah parsial, yang diyakini berusia 1,78 juta hingga 1,95 juta tahun lalu. Fosil rahang yang baru ditemukan ini cocok dengan tengkorak yang pernah ditemukan sebelumya.

Penemuan fosil baru ini memperkuat gagasan bahwa family tree atau pohon keluarga dari manusia purba mampu menunjukkan evolusi yang bercabang ke segala arah. "Ini mendukung pandangan bahwa sejarah awal genus Homo melibatkan eksperimen kuat dengan potensi biologis dan perilaku dari genus baru," pungkas antropolog Ian Tattersall. (fmh)
Taken From : http://techno.okezone.com/read/2012/10/28/56/710216/peneliti-temukan-fosil-manusia-purba-baru

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Busyet dah udah tua banget ya 2,4 juta tahun, tapi manusia sekarang bisa menemukannya sungguh luar biasa..

    BalasHapus
  2. menguak misteri manusia purba memamg tak ada habisnya :)

    BalasHapus

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -