Popular Post

Posted by : Crusader 12


Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang Memberikan penghormatan dengan membungkuk adalah perbuatan syirik.Saya baru kali ini melihat posttingan seseorang yang mengulas tentang hal ini di google dan saat itu aku juga tidak yakin.Sekedar informasi kepada pengunjung disini saya akan menjelaskan mengapa bisa sampai dikatakan perbuatan syirik.Berikut penjelasaannya:

Ibnu Taimiyah t berkata, “Membungkuk ketika memberikan penghormatan adalah perbuatan yang dilarang. Hal ini sebagaimana dalam riwayat at-Tirmidzi dari Nabi n, bahwa mereka bertanya tentang seseorang yang berjumpa dengan temannya lalu membungkuk kepadanya. Beliau n berkata, “Tidak boleh.”
Juga karena ruku dan sujud tidak boleh dilakukan selain untuk Allah l, walaupun hal ini menjadi bentuk penghormatan pada syariat sebelum kita, sebagaimana dalam kisah Yusuf q:
ﮊ ﮋ ﮌ ﮍ ﮎ ﮏ ﮐﮑ ﮒ ﮓ ﮔ ﮕ ﮖ
Dan ia menaikkan kedua ibu bapaknya ke atas singgasana. Mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf. Yusuf pun berkata, “Wahai ayahku, inilah ta’bir mimpiku yang dahulu itu.” (Yusuf: 100)
Adapun dalam syariat kita, bersujud tidak diperbolehkan selain untuk Allah l. (Lihat Majmu’ al-Fatawa, 1/259)
Ketahuilah, semoga Allah l merahmati Anda, apa yang kami sampaikan hanyalah sebagian amalan syirik yang ada di tengah-tengah masyarakat kita. Semuanya harus kita jauhi. Kita juga harus memperingatkan umat Islam untuk menjauhi amalan-amalan syirik.
Ketahuilah, semoga Allah l merahmati Anda, segala adat-istiadat dan kebiasaan masyarakat harus tunduk kepada syariat Allah l.
Allah l berfirman:
“Maka demi Rabbmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (an-Nisa: 65)
Janganlah kita seperti orang-orang jahiliah yang tidak mau beriman kepada Rasul n dengan alasan mengikuti amalan nenek moyang. Allah l berfirman tentang keadaan kaum musyrikin:
Apabila dikatakan kepada mereka, “Ikutilah apa yang telah diturunkan oleh Allah,” mereka menjawab, “(Tidak), kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami.” (Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui sesuatu pun dan tidak mendapat petunjuk? (al-Baqarah: 170)
Seorang muslim harus mendahulukan syariat Allah l di atas segala hal. Dia harus mengutamakan syariat daripada hawa nafsu, adat-istiadat, dan pendapat akalnya. Allah l telah mencela orang yang lebih mendahulukan hawa nafsunya.Allah l berfirman:
“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya serta meletakkan tutupan atas penglihatannya? Siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat)? Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?” (al-Jatsiyah: 23)

Sekian penjelasnya.semoga bermanfaat

dikutip dari sumber

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. kalo saya orangnya nggak punya rasa hormat! berarti bebas dari syrik ^^

    BalasHapus
  2. thanks gan atas kunjungannya di blog ane... sumbalit

    BalasHapus
  3. mantab postingannya gan......

    salam blogger... sumbalit

    BalasHapus
  4. Makasih infonya sop, setelah baca ini gue baru tau kalau memberi hormat dengan cara bungkuk itu sirik :)

    BalasHapus
  5. terimakasih info nya, sangat bermanfaat. salam sukses untuk admin.

    BalasHapus
  6. kalo gak slah kebanyakan orang jepang nih sob yang ngelakuin o_O

    BalasHapus

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -