Popular Post

Posted by : Crusader 12


Pada kali ini saya akan mengulas tentang perbedaan antara netbook dengan notebook.Kemungkinan sebagian orang sudah tau tentang ini kalau yang sudah tau.hehe.sebelum ane tau tentang ini aku juga sempat bingung tentang apa netbook dan apa notebook.Ane mencari digoogle ternyata sudah banyak yang menginformasikannya.Tidak salah ane akan mengeshare tentang hal ini yang sudah ane edit dari berbagai sumber.
Langsung saja,Terus apa bedanya sama notebook ??, silahkan sobat perhatikan kalimat penjelasannya dibawah ini :

Pertama,Dimensi dan ukuran layar?
Ada perbedaan yang cukup mencolok antara netbook dan notebook .
Ukuran layar netbook lebih kecil dan berkisar di angka 7”-10,2”
sedangkan notebook mulai 12” ke-atas. Selain itu, netbook pun berukuran lebih kecil dan lebih ringkas untuk dibawa kemana saja dibanding notebook. Berat netbook juga jelas lebih ringan di banding notebook umumnya. Memang netbook lebih portable dibanding notebook.

Kedua, Spesifikasi hardware?!
Spesifikasi hardware antara netbook dengan notebook sangat berbeda. Biasanya, netbook menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi, AMD pun tidak mau kalah dan akan meluncurkan prosesor Athlon Neo, AMD C50, E350 (Brazos) untuk pasar netbook. Netbook biasanya dibekali Ram 512 Mb – 1 Gb untuk mendukung performmanya . Netbook biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan ” wi-fi “dan bloetooth bahkan akhir-akhir ini ada produsen yang menyertakan modem 3G dan 3,5 G (HSDPA), tak lupa ” webcam ” pun hadir di sebagian besar netbook yang beredar. Beberapa produsen menyediakan opsi SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpananya kerena lebih hemat energi jika dibandinkan dengan hardisk.
Sementara notebook biasanya mnggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo, Core i3, Core i5, dan Intel Core i7 Turion X2 dengan Ram yang sama atau lebih besar dari netbook. Notebook juga dapat menggunakan discrete graphic dari Ati Radeon atau Nvidia GeForce, Netbook ada yang menggunakan grafis dari Nvidia GeForce (platform ION) dan Radeon (Platform AMD Athlon Neo dan AMD Brazos).

Ketiga, Daya tahan baterai??!
Notebook pada umumnya hanya mampu ‘hidup’ dengan baterai kira selama 1-3jam saja.
Sedangkan netbook mampu bertahan lama kira-kira antara 3-5jam. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.Itu juga tergantung baterai yang digunakan apakah 3 cell atau 6 cell??

Keempat, Fungsi dan target pengguna!!?
 Sedangkan netbook ditujukan bagi orang yang menginginkan mobilitas dalam menggunakan suatu komputer untuk sekedar pekerjaan office dan internet. Jadi kalau hanya butuhkan sebuah laptop untuk Internetan, Membuat Laporan/Makalah, Dengerin Musik atau sekedar Facebookan dan Chatting, makalah pilihlah NETBOOK.
Dilihat dari spesifikasi hardware yang digunakan, jelas performa notebook jauh lebih cepat dibanding netbook.Notebook ditujukan bagi orang yang membutuhkan komputer yang cukup bertenaga untuk bekerja dan belajar untuk dapat dibawa kemana-mana. Performa notebook sekarang (terutama platform centrino2) sudah mendekati bahkan menyamai komputer desktop kelas mainstream. Performa ini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan komputer pekerjaan editing multimedia atau hal-hal yang lebih dari sekedar mengetik misalnya juga jika kamu ingin mengedit sebuah video, mengedit foto/gambar dengan Photoshop/ Corel Draw atau Nonton Film HD

Kelima, Harga ??
Ini adalah poin paling penting bagi sebagian orang. Dikala krisis global, orang akan lebih sensitif terhadap harga -harga dibandingkan fitur yang ditawarkan.
Kini harga Notebook di kisaran 3,5juta keatas.
Sedangkan netbook baru harganya mulai dari 2 jutaan.

Ane juga menyertakan gambar netbook dan notebooknya.Berikut SS nya :

Gambar netbook

 
Gambar Notebook


sedikit tambahan kata "NET” pada netbook berarti itu artinya gadget yang satu ini khusus didesain untuk berinterNET ria dimanapun dan kapanpun juga.

Mungkin cukup itu yang bisa saya informasikan.Bila ada kekurangannya mohon tambahkan berupa berkomentar.

{ 12 komentar... read them below or Comment }

  1. Oh jadi itu ya perbedaanya sederhan banget gan...

    BalasHapus
  2. ane ikutan berkunjung gan.. jangan lupa follback ya.. :D

    BalasHapus
  3. Bagi yang ga paham, masalah harga bisa kesasar, siapa tahu netbook dijual dengan harga notebook, terutama kalo beli second.
    Saya baru tahu mas, makasih infonya

    BalasHapus
  4. baru tahu, mau tanya. bedanya iphone sama android apa yah?

    BalasHapus
  5. . . wachhhhhhhhhhhhhhh,, baru tau aq perbedaan nya. he..86x. tenkz ya?!? serupa tapi tak sama. he..86x . .

    BalasHapus
  6. Terjawab sudah trnyata pebedaannya...

    kunjungan balikk,,, hehe

    BalasHapus
  7. hehehe. betul gan pemakaian tergantung penggunaan! kalo saya netbook buat browsing ama ngetik2 pake ms word atau openoffice. kalo dah mulai tugas berat yg harus pakai excel barulah pake notebook,

    Soalnya kalo untuk ukuran netbook resolusi layarnya kecil 10 inc 1028x600 pixel doang, ga enak kalo ngerjain report excel, bikin presentasi dll pake netbook

    BalasHapus
  8. nah makasih nih ada postingan ini. saya mau forward ke anak saya biar dibaca. secara dia kalo bilang netbooknya sebagai "laptop".

    BalasHapus
  9. wah lengkap banget sob penjelasannya, thanks ya :)

    BalasHapus
  10. di tempat saya kok notebook gedenya kaya netbook ???

    BalasHapus
  11. info menarik buat Perbedaan Netbook dan Notebooknya padahal sekalian sama laptop he:-)

    BalasHapus

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -