Popular Post

Posted by : Crusader 12

Siapa sih yang tidak suka blognya dikomentari oleh pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang berkomentar, maka semakin senang pula yang mempunya blog. Karena memang komentar bisa menjadi tolak ukur kepopuleran blog. Tetapi ada yang perlu diketahui bahwa blog yang sepi atau miskin komentar bukan berarti bahwa blog tersebut tidak bagus. Ada hal yang bisa digunakan sebagai referensi kepopuleran blog disamping banyaknya jumlah komentar
Pernah saya jumpai ada blog yang komentarnya sangat sedikit, bahkan tiap postingnya mungkin tidak lebih dari 5 komentar, tetapi trafiknya sangat bagus. Visitor unik tiap harinya diatas 500 pengunjung. Memang tidak terlalu tinggi, tetapi jika dilihat dari jumlah pengunjugnya, apakah dari 500 orang tersebut tidak ada yang ingin menulis di kotak komentar tersebut.
Dari kejadian itulah saya mempunyai beberapa pemikiran mengapa blog yang miskin komentar belum tentu tidak bagus atau populer. Ada bebarapa sebab, mengapa ada blog yang kaya trafik tetapi miskin komentar, diantaranya:
  1. 70 persen penggguna internet adalah pencari informasi, bukan pencari link/kenalan sesama bloger. Pengunjung tipe seperti ini tidak akan pernah meninggalkan jejak mereka di blog yang mereka kunjungi. Prinsip mereka, jika sudah mendapatkan informasi yang mereka cari ya sudah, mereka tutup halaman blog tersebut.
  2. Sebagian besar pengguna internet adalah tidak mengetahui manfaat jangka panjang dalam menuliskan komentar di sebuah blog. Padahal jika ditelaah, dengan banyaknya backlink, maka akan lebih mudah meningkatkan ranking di google.
  3. Tidak semua pengunjung mempunyai blog yang bisa mereka gunakan untuk saling bertukar link atau saling menyapa antar sesama bloger.
Jadi intinya, tidak usah khawatir blog anda akan turun kepopulerannya ketika blog anda sepi komentar. Justru ada banyak hal yang harus anda optimalkan dibandingkan dengan hanya memancing komentar dari para pengunjung blog anda. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan demi menjaga kepopuleran blog anda jika sepi komentar:
  1. Tingkatkan terus trafik ke blog anda
  2. Tingkatkan juga alexa rank untuk blog anda
  3. Tingkatkan jumlah kontent yang unik dan menarik serta bermanfaat bagi pengunjung blog anda
  4. Perbaiki terus kualitas kontent tulisan anda.
  5. Tidak usah terpaku pada slogan “Blog populer ditandai dengan kaya komentar” walaupun istilah tersebut juga benar. Jika, sampai saat ini, anda belum bisa mencapainya, maka capailah yang bisa anda raih terlebih dahulu.
Demikian artikel singkat yang bisa saya posting kali ini, semoga bisa berguna bagi pembaca crusader 12 semua, terima kasih.

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. anda benar sobat, karena sama sekali tidak ada komentarnya akhirnya kotak komentar saya buang tapi anehnya banyak yg email saya. salam anget anget

    BalasHapus
  2. makasih banget dapet pencerahan baru , pantes aja blog gue sepi melulu kaya kuburan hehe

    BalasHapus
  3. Kak, kalau saya terkenal tidak terkenal pokoknya ngeblog.

    BalasHapus

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -