Popular Post

Posted by : Crusader 12

Dilihat dari mekanisme pengiriman dan penerimaan email, ada beberapa jenis email yaitu:
1. POP Email
Jenis ini seperti telah dijelaskan pada sub-bab sebelumnya. Pesan email kita kan melewati beberapa komputer mail server sebelum sampai pada mail server pada ISP di mana kita telah terdaftar. Dengan software mail client, kita dapat mengambil pesan email dari mail server ISP.
2. Web-based Email
Email berbasis web ditujukan untuk pengguna yang mempunyai akses internet namun tidak mempunyai account sendiri pada sebuah ISP tertentu. Untuk dapat mengirimkan email, Anda harus mengikuti prosedur yang ditentukan oleh penyedia account email tersebut. Umumnya Anda diminta untuk mendaftar terlebih dahulu, dan biasanya gratis.
Setelah selesai mendaftar, Anda akan diberi username dan password untuk dapat mengakses inbox account email Anda. Pada layanan jenis ini, Anda tidak memerlukan software email client seperti Eudora atau Outlook Express namun biasanya telah terdapat fasilitas menulis dan mengirim email pada website. Contoh jenis email ini adalah Yahoo, Lycos, Hotmail, Gmail. Bagaimana cara mendapatkan email dan menggunakan layanan email yang gratis tersebut?

3. Email Forwarder
Email forwarder merupakan cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Misal, alamat email saya yang sebenarnya adalah ekopriyo@bdg.centrin.net.id tetapi saya masih dapat menerima email jika di alamatkan ke ekop@excite.com dan dimasukkan pada mailbox alamat email saya yang asli. Pada contoh ini, ekop@excite merupakan email forwarder, artinya semua pesan email ke alamat ini akan diteruskan ke alamat ekopriyo@bdg.centrin.net.id. Penggunaan email forwarder ini biasanya dimaksudkan untuk mengkaburkan identitas dari pemilik email karena terlalu jelas menggunakan alamat tersebut, anonim dalam sebuah forum diskusi, mencegah adanya spamming email.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Crusader 12 - The Shadow - Powered by Blogger - Designed by Thhedark Eye -